Sikap Penting Yang Harus Anda Cari Dari Seorang Broker

by - Wednesday, January 15, 2020

Sudah bukan rahsia lagi, industri investasi memiliki banyak konflik kepentingan yang terlihat sulit untuk diselesaikan. Broker ingin mendapatkan komisi besar dan seringkali melakukan hal yang berlebihan untuk itu. Namun kadang kala yang menguntungkan broker tidak selalu menjadi hal terbaik bagi investor atau menjadi apa yang investor inginkan.
Broker bisa saja akhirnya secara sengaja mencoba untuk membingungkan atau menjual sesuatu yang tidak etis, sikap yang seharusnya tidak dimiliki sebuah broker. Hasilnya komplain dari konsumen dan merusak hubungan antara pialang-konsumen. Sikap yang harus dihindari broker adalah kecurangan, kebohongan, memberikan informasi yang salah dan taktik sulit jual.

Memberi Informasi Saat Terjadi Kendala Teknis

Jika terjadi masalah dalam sistem atau platform yang digunakan, broker yang baik akan mengumumkan di halaman utama platform atau kotak pesan agar investor tidak khawatir. Jika tidak, investor bisa saja membuat keputusan fatal dengan berinvestasi saat ada kendala sistem dan akhirnya tidak bisa menjual aset mereka.
Kerugian bisa menjadi-jadi, dan informasi terkait hal ini bisa menahan investor yang belum tahu untuk tidak melakukan transaksi terlebih dahulu. Walaupun broker bisa kehilangan potensi keuntungan lewat komisi dari tidak adanya transaksi oleh investor mereka. Sikap paling bijaksana dari broker adalah dengan merugi di sini, dan mendapatkan respek dari investor di masa depan.

Layanan Pelanggan Yang Responsif

Layanan pelanggan responsif memberikan cerminan sikap broker yang memposisikan konsumennya diatas yang lain. Konsumen berarti aset terpenting mereka. Dengan sikap ini, berarti mereka adalah perusahaan yang ingin mempertahankan pelanggan dalam waktu yang lama. Alih-alih broker abal-abal yang hanya ingin meraup keuntungan dari banyak investor potensial, tanpa ingin mendapatkan loyalitas pelanggan.
Anda bisa mengecek kebijakan perusahaan tentang hal ini, dengan melakukan chat langsung ke layanan pelanggan mereka. Dan kemudian lihatlah seberapa cepat respon mereka dan berapa jumlah antrian yang ada. Jika banyak antrian bisa jadi dua kemungkinan: staf chat yang terbatas, atau pasar memang sedang sangat sibuk. Anda bisa mengambil keputusan tentang layanan pelanggan mereka kemudian yang menjadi cerminan tentang sikap yang diterapkan broker.

Menghargai Feedback Dari Konsumen

Masukan dari konsumen sangat penting bagi perusahaan manapun yang menerapkan prinsip konsumen adalah raja. Sebuah broker yang baik akan membuat FAQ, forum sampai komunitas broker sebagai tempat berbagai keluh kesah antar sesama trader. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan antara broker dan konsumen sekaligus tempat broker menerima masukan dan memperbaiki sistem kerja mereka.
Walaupun dengan tidak dibukanya komunitas broker tertentu bukan berarti sikapnya tidak transparan. Bisa jadi kompetitor mereka melakukan praktik persaingan yang buruk karena itu tidak membuka forum publik. Anda harus jeli melihat broker yang terbuka dan menerima pendapat konsumennya dari bagaimana layanan pelanggan mereka berinteraksi dengan Anda. Apakah respon mereka lamban? Atau tidak memberikan solusi saat Anda melayangkan pertanyaan?

Menyediakan Materi Edukasi Bagi Konsumen

Sekarang ini banyak broker yang menyediakan materi edukasi bagi pemula dan juga konten bagi trader berpengalaman. Hal ini untuk menjamin banyak peminat baru yang menjadi trader professional. Praktik ini sangat baik untuk mendapatkan pelanggan yang akan menggunakan jasa broker dalam jangka panjang.
Anda sekaligus bisa meningkatkan skill trading Anda bersama mereka dengan gratis. Dan sikap ini pantas diancungi jempol bagi broker yang memang berprinsip untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, walaupun materi edukasi harus dibeli atau diproduksi terlebih dahulu dengan modal yang tidak sedikit.

Kesimpulan

Etika investasi sangat bergantung dari dua aspek. Yang pertama memberikan klien mereka nasehat bagus dan kemudian memastikan bahwa konsumen bisa mengerti akan itu. Hal ini akan memastikan kamu akan berkembang bersama broker terkait dengan materi edukasi yang disediakan ke depan.
Kemudian tidak kalah penting halnya untuk mencari broker yang jujur dan terbuka tentang apa yang sedang terjadi, jika ada masalah sistem ataupun platform agar tidak membuat kamu rugi di kemudian hari.
Pada akhirnya, komunikasi yang baik dan jujur berarti cerminan sikap broker yang teladan. Hasilnya interaksi positif antara broker dan konsumen yang baik untuk keuntungan bersama dalam jangka panjang.
Artikel review : Bahasa Indonesia

You May Also Like

4 Komen Sini [Click]

  1. Yup. Broker kena ambil berat pasal pelabur. Tak lepas tangan biar pelabur terkapai-kapai.

    ReplyDelete
  2. artikel ni kopipes dari sumber indonn ke.. hehehe

    ReplyDelete

Sharing is Caring, Thank You Drop Some Comment Here :)

FOLLOWER

adsense